Masalah - masalah Haid Wanita

Masalah haid Wanita Haid itu adalah darah yang keluar pada perempuan apabila mereka telah mencapai usia baligh, minimal keluar ...




Masalah haid Wanita

Haid itu adalah darah yang keluar pada perempuan apabila mereka telah mencapai usia baligh, minimal keluar sehari semalam dan maksimalnya adalah 15 hari, dan umumnya adalah seminggu. (hadits)

Namun ada hadits dari daruqutni bahwa haid itu tidak lebih dari 10 hari

Apabila mereka hamil Allah jadikan darah haid itu sebagai konsumsi bagi janin, maka seorang yang sedang hamil ia tidak mengalami haid.

Maka perempuan dibagi menjadi 3 kelompok :
Mubtada'ah adalah perempuan yang baru pertama kali mengalami haid. Jika melihat ada darah keluar, ia harus meninggalkan salat, puasa, jimak (berhubugan suami istri), dan amalan lain yang tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang haid, hingga datangnya masa suci. Jika dalam masa sehari semalam ia melihat kesuciannya, hendaknya segera mandi dan menjalankan aktivitasnya seperti biasa. Jika darahnya tidak berhenti selama lima belas hari, perempuan tersebut dianggap sebagai perempuan mustahadhah.

Mu'tadah adalah perempuan yang sudah terbiasa menjalani haid. Jika telah selesai menjalani masa haid, kemudian ia mendapati darah berwarna kekuning-kuningan atau berwarna keruh, hal tersebut tidak perlu dihiraukan. Artinya, darah tersebut tidak dianggap sebagai darah haid.

Mustahadhah adalah perempuan yang darahnya keluar terus-menerus melebihi kebiasaan masa berlangsungnya haid. Jika perempuan mustahadhah adalah perempuan yang sudah terbiasa menjalani masa haid setiap bulannya, dan ia mengetahui kebiasaan tersebut, hendaknya ia menjalani masa haidnya hingga selesai. Jika masa haidnya telah selesai, ia diharuskan mandi, mengerjakan salat, puasa seperti biasanya. Namun, ia harus berwudu setiap hendak mengerjakan salat. Jika keadaan mendesak, ia boleh melakukan jimak. Dari Ummu Salamah r.a. bahwa ia pernah meminta fatwa kepada Rasulullah saw. mengenai seorang perempuan yang selalu mengeluarkan darah. Maka, Rasulullah saw. bersabda, "Hitunglah berdasarkan bilangan malam dan hari dari masa haid pada setiap bulan berlangsungnya, sebelum ia terkena serangan darah penyakit yang menimpanya itu. Maka, tinggalkanlah salat sebanyak bilangan haid yang biasa dijalaninya setiap bulan. Apabila ternyata melewati dari batas yang berlaku, maka hendaklah ia mandi, lalu memakai cawat (pembalut) dan mengerjakan salat." (HR Abu Dawud dan An-Nasai dengan isnad hasan).

Dalam fathul mu’in :
Seseorang itu mengalami haid umumnya 9 tahun, apabila ia mengalaminya pada waktu 9 tahun kurang 16 hari disebut haid pula. Adapula orang haid ketika berumur 12 tahun bahkan sampai 15 tahun. Apabila ada seorang perempuan yang keluar darah berumur 7-8 tahun itu bukan haid melainkan darah penyakit.

Menurut imam jalaludin assuyuti : orang yang baru bersih dari haid diharamkan bersetubuh kecuali setelah mandi, dan dibolehkan berpuasa.

Dalam mazhab syafii : seseorang bisa kapan saja mendapati haid, kecuali ia telah berumur 62 lebih itulah yang disebut masa iyas (terputus haid)

Tafsir surat al-baqarah 222

وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ [٢:٢٢٢]
Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Makna pertama :  apa makna dan mengapa mesti dikatakan “yas’alunaka” ?

Jawab :
Didalam Qur’an 15 hal penyebutan ini :
1.       tentang khamar dan perjudian ( al-baqarah 219 )
2.       tentang anak yatim ( al-baqarah 220 )
3.       tentang haid ( al-baqarah 222)
4.       tentang ruh ( al-isra 85)
5.       tentang dzul qarnain ( al-kahfi 33)
6.       tentang gunung (thaha 105).
7.       tentang bulan sabit (al-baqarah 189).
8.       tentang apa yang diinfakkan (al-baqarah 215)
9.       tentang berperang pada bulan ramadhan (al-baqarah  217).
10.     tentang makanan yang halal (almaidah 4)
11.     tentang hari kiamat (al-a’raf 187)
12.     tentang barang apa yang diinfakkan (albaqarah 219)
13.     tentang harta rampasan perang (al-anfal 1)
14.     tentang Allah (al-baqarah 186).

Al-imam Arrazi mengatakan dalam mafatihul Ghaib :
“ aku katakan ada 8 macam : dan dari sini ada urutan yang sangat tertib dan indah”

Tentang urutannya

Pertanyaan pertama adalah tentang Aqidah : (hal yang harus didahulukan).
وَإِذا سَأَلَكَ عِبادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ [الْبَقَرَةِ: 186]
Pertanyaan kedua adalah tentang sifat penciptaan dan hikmah.
يَسْئَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ [الْإِسْرَاءِ: 85]
Pertanyaan ketiga adalah tentang hari akhir.
فِي النَّازِعَاتِ يَسْئَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ [النَّازِعَاتِ: 42]



Hikmah :
-        Allah ingin mengajarkan kepada manusia bahwa Al-Qur’an penuh dengan Kemu’jizatan dan keajaiban yang harus digali dengan bertafakkur dan tadabbur.
-        segala sesuatu harus dikerjakan secara teratur dan disiplin.
-        pertanyaan disini dilakukan dengan adab oleh para sahabat.
-        tidak layak bagi umat Rasulullah SAW tidak pernah bertanya sama sekali.

Penjelasan :

manusia harus bertafakkur dan mentadabbur Al-Qur’an

1. Deras atau tidak? Mana yang normal?
Beberapa perempuan hanya butuh 3-5 hari hingga benar-benar bersih, tetapi sebagian lagi butuh sekitar 7 hari. Apa yang perlu diperhatikan adalah jumlah cairan yang keluar saat menstruasi. Umumnya, mereka yang waktu menstruasinya berkisar antara 3-7 hari mengeluarkan darah sekitar 4-12 sendok makan per hari.

Tentunya, kita tak mungkin mengukur jumlah darah yang dikeluarkan setiap kita haid. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika pembalut Anda basah kuyup setiap kali Anda mengganti yang baru dalam hitungan jam pun tetap basah kuyup, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ob/gyn. Begitu pula jika haid Anda berlangsung lebih dari 7 hari. Menstruasi yang berat dan lama biasanya terjadi karena ketidakseimbangan hormon, tetapi bisa juga berarti hal lain, seperti fibroid, endometrial, dan kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan).
2. Mengapa darahnya menggumpal?
Darah yang menggumpal adalah hal yang normal dalam masa haid, dan sering kali keluar di masa deras. Alaminya, tubuh kita akan menciptakan antigumpalan untuk mencegah darah menstruasi dari menggumpal, khusus di hari-hari paling deras. Cairan menstrual dikeluarkan dengan cepat untuk mencegah antigumpalan berefek.
Darah yang menggumpal jarang harus diperhatikan dan dipikirkan. Namun, jika Anda melihat adanya gumpalan darah yang sangat besar, sebaiknya Anda menemui dokter untuk melihat apa ada kemungkinan lain, seperti keguguran atau fibroid.
3. Ketidaknyamanan seperti apa yang normal?
Sebagian perempuan cukup beruntung tidak pernah mengalami rasa sakit menstruasi sama sekali. Sebagian lagi merasa sakit di hari pertama saja. Kabar baiknya, kebanyakan wanita menemukan bahwa gejala-gejala sakit saat menstruasi akan berkurang di pertengahan usia 20-an atau setelah melahirkan anak pertama.

Namun, jika ketidaknyamanan akan rasa sakit dari menstruasi itu mulai mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, mungkin Anda mengalami kondisi dismenorea. Cek ke dokter Anda, dan minta pula untuk diperiksa bagian endometriosis, penyakit pelvis meradang, dan kista ovarium atau fibroid air mani.
4. Darahnya mengapa tidak selalu merah?
Darah menstruasi akan berubah kecokelatan menjelang hari-hari terakhir. Ini terjadi akibat darah yang teroksidasi, dan ini bukan sesuatu yang harus dipusingkan.

5. Jika ada siklus yang terlewat?
Jika Anda aktif secara seksual, siklus bulanan yang terlewat bisa jadi akibat kehamilan. Namun, jika Anda tidak melakukan hubungan seksual, bisa jadi menstruasi yang terlewat adalah karena ketidakseimbangan hormonal, stres, dan diet yang berlebihan. Mintalah pendapat dokter jika jadwal menstruasi Anda amat tidak bisa diprediksi.

6. Mengapa siklusnya tidak teratur?
Siklus menstruasi yang tidak teratur biasa terjadi di 5 tahun pertama Anda mendapatkan menstruasi dan pada wanita yang perimenopausal, dan umumnya penyebab terutama adalah ketidakseimbangan hormon. Untuk remaja, siklus menstruasi lama-kelamaan akan stabil dengan sendirinya. Kadang, ketidakteraturan periode menstruasi bisa pula terjadi pada wanita di segala usia. Penyebab lainnya adalah stres, penyakit kronis, kecemasan, nutrisi kurang, atau berlebihan olahraga.

7. Jika ada flek di antara siklus menstruasi, harus cemaskah?
Bagi beberapa orang, flek di antara siklus menstruasi merupakan hal yang normal. Namun, jika Anda menggunakan alat kontrasepsi, bisa jadi flek itu adalah pertanda luka. Jika Anda masih melihat adanya flek di antara siklus menstruasi selama 3 bulan berturut-turut di saat bersamaan dengan Anda makan obat kontrasepsi, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

8. Mengapa ada perasaan ingin buang besar saat menstruasi?
Menstruasi memengaruhi pergerakan isi perut Anda. Para periset menemukan bahwa sepertiga wanita merasakan pergerakan tidak normal selama masa menstruasi, dan banyak yang merasa tidak bisa menahan keinginan buang air besar di awal-awal siklus menstruasi. Penyebab utamanya belum diketahui, tapi diperkirakan karena fluktuasi progesteron.

Catatan ringkas berikut hanya sebagai gambaran kedetailan pembahasan masalah haidh, istihadhah, dan nifas yang diambil dari beberapa menit awal ceramah Al Ustadz Dzulqarnain. Oleh karena itu kami tetap mengharapkan ikhwah sekalian mendengarkan secara sempurna kajian berikut karena didalamnya terdapat banyak sekali materi yang harus didengarkan secara urut dengan penuh perhatian. Juga terdapat pertanyaan-pertanyaan pada rekaman nomer 2 dan 4 pada akhir kajian sehingga akan menambah pemahaman kita, semoga bermanfaat.
Bab Haidh
Pengertian
  • bahasa : sesuatu yang mengalir (kadang disebut juga nifas)
  • istilah : keluarnya darah perempuan dari tempat khusus dengan waktu yang diketahui
Jenis darah perempuan yang keluar dari tempat khusus:
  • darah suci : darah keperawanan
  • darah haidh : akan dibahas
  • darah istihadhah : akan dibahas
  • rusak : selain dari ke tiga jenis darah di atas
Tabel perbedaan darah Haidh dan Istihadhah
Sifat
Darah Haidh
Darah Istihadhah
Warna
dominan hitam
dominan merah
Sumber keluar
rahim
urat yang pecah
Kekentalan
kental
encer
Bau
tidak sedap
biasa
Setelah keluar
mencair (tidak menggumpal)
mungkin menggumpal
Perbedaan di atas dapat mudah dipahami dengan mengetahui bahwa darah istihadhah adalah sebagaimana darah biasa yang keluar apabila kulit / otot terluka. Oleh karena itu sifat darah istihadhah sebagaimana darah biasanya.
Kaidah membedakan apakah darah yang keluar berupa darah haidh, istihadhah, atau darah rusak:
  • Bagi wanita yang memiliki kebiasaan teratur maka menggunakan kebiasaannya tersebut. Contoh:
Kebiasaan seorang wanita 25 hari suci dan 5 hari haidh, apabila dalam masa haidh tersebut keluar darah merah (lihat tabel, seharusnya istihadhah) maka tetap dihitung darah haidh. Apabila di masa suci keluar darah hitam (lihat tabel, seharusnya haidh) maka dihitung darah rusak.
  • Bagi wanita yang tidak memiliki siklus haidh yang teratur maka membedakan darah yang keluar dengan tabel di atas.
  • Bagi wanita yang memiliki siklus haidh yang teratur dan dapat membedakan antara darah haidh dan istihadhah secara jelas, maka apabila antara cara kebiasaan dan pembedaan sifat
  1. tidak terjadi pertentangan maka tidak masalah
  2. apabila terjadi pertentangan maka didahulukan kebiasaan
  • Bagi wanita yang tidak memiliki siklus haidh yang teratur dan tidak dapat membedakan dengan jelas, maka dia menggunakan tabel perbedaan terlebih dahulu. Sehingga apabila keluar darah hitam dianggap haidh, dan apabila keluar darah merah dianggap istihadhah. Apabila tidak dapat dibedakan, maka kembali kepada kebiasaan wanita yaitu mengambil waktu haidh 6/7 hari.

COMMENTS

BLOGGER

Baca Juga

Daarul Hijrah Store

Name

1 Syawal,1,2015,1,Abu Nawas,1,adab,1,adhiyaul laami,1,adhiyaul lami,1,adverbial clause,1,ahlussunnah wal jamaah,2,akhirat,1,Akhlaq,14,akhlaq lil banin,2,al quran,1,Alam Semesta,1,amal shaleh,1,android,33,Android Code,2,anwarun nafisah,1,apk,10,apk android,1,apk free,1,aplikasi,15,aplikasi islam,5,Aqidah,2,arabic font,1,arbain nawawi,1,artikel,5,asmaul husna,2,asus zenfone 5,1,asybah wan nadzhoir,1,attack,1,azab,1,Bahaya Alkohol,1,barzanji,2,berbicara ketika makan,1,Berita Islam,1,Bid`ah,1,Biografi ulama,1,bulan,1,bulughul maram,1,burdah,3,Cabri,1,Cara Mendidik Anak,1,Ceramah,1,cinta,1,Cinta dan Sayang Anak,1,cinta rasul,1,Computer Science,1,conjuction,1,curhat,1,daarul hijrah,1,Dakwah,1,Dakwah islam papua,1,dalailul khairat,1,Darah,1,Design,1,dhstore,1,dictionary of terms,1,Dimensi Tiga,1,doa,3,doa anak,1,doa droid,1,Download APK,1,dunia,1,dzikir pagi petang,1,Ebook Gratis,1,english,1,fathul izar,1,Festival Film Santri 2017,1,fiqih,2,fisika,2,flashing,1,font arab,1,free apk,1,gerhana matahari total,1,getJsonArray,1,getJsonObject,1,global positioning system,1,gombal,1,google translate,1,gps,1,Habib Sholeh Al-Hamid,1,Hadits,3,hadrah,2,hadrah basaudan,2,haidh,1,hari kemenangan,1,hari raya,1,Haul Tanggul,1,haversine,1,hidup,1,Hijrah Nabi,1,hikmah,5,hikmah-hikmah,2,hizb,1,hizib,2,hukum islam,2,hukum maulid,1,Ibadah,1,idul fitru,1,ielts word,2,ilmu alam,1,ilmu sosial,1,Ilmua Muslim,1,imam nawawi,1,imam syafii,1,install ulang asus,1,islam,15,islam nusantara,1,islam rahmatan lil `alamin,1,israel,1,Istri,1,jilbab,1,json,1,Kajian,1,kaligrafi,1,kampung inggris,3,kamus apa aja,1,kediri,1,keluarga bahagia,1,Kembali Kepada Al-Quran dan Hadits,1,khutbah,1,Khutbah Jumat,1,kimia,1,kisah,2,Kisah Islam,1,kitab,1,kitab dalail,1,koleksi doa,1,koleksi doa komplit,1,koleksi hadits,1,Komputer,1,komunikasi data,1,konsultasi syariah,1,Kuliah,1,lbs,1,Lirik Qasidah,1,localhost,1,location based service,1,Majelis Ulama Indonesia,1,makalah,1,malaikat,1,Man Ana,1,Marhaban Yaa Syahra Ramadhan,1,marshmallow,1,masjid,1,Masjidil Haram,1,matahari,1,matematika,3,maulid nabi,4,modul,1,MP3 Kajian,1,muslim,1,nabi,1,nama,1,nasyid,1,news,4,nikah,2,Office,1,Others,2,palestin,1,panjang umur,1,pantun,1,papua,1,pare,2,pare maps,1,Pejuang Muslim,1,Pelajar Indonesia,1,pelajaran,1,Pemberantasan PKI,1,Pemrograman,1,Pendekar Muslim,1,Pendidikan Anak,1,Penyakit Hati,1,Pernikahan,1,play store,1,Pocket Monster,1,Pokemon GO,1,Profil,1,programatically,1,puisi,1,puzzle,1,qasidah,4,radio islam,1,ramadhan,1,rasul,1,rasulullah,2,ratib,2,rawi,3,reinstall,1,rejeki,1,Retorika,1,rindu,1,risalah amaliyah,1,sakit,1,sastra,1,Science,1,sd,1,sedekah,1,sekolah,1,Seks,1,selamat,1,sexs islami,1,shalat,1,shalat gerhana,2,shalat kusuf,2,Shalat Tarawih,1,shalawat,2,Shalawat Dustur,1,Shalawat Manshub,1,sharing,1,sifat para nabi,1,simthud duror,2,Sistem Digital,1,skripsi,1,sma,1,SMAN 3 Semarang,1,smp,1,SNMPTN 2016,1,software,3,SPBE,1,SPLP,1,Suami,1,sufi,1,Sunnah,1,surah muhammad,2,syaikh busyiri,1,Syaikh Kholil Bangkalan,1,Tafsir,5,tashawwuf,1,Tauhid,1,Tazkiyatun Nufus,1,terjamah azab,1,thaharah,1,Tokoh,1,tolak bala,1,tolong menolong,1,tools,1,tutorial,2,umum,1,unzip,1,ushul fiqih,1,uswatun hasana,1,wallpaper masjid,1,wanita,2,wirid,3,words,1,wudhu,1,xampp,1,
ltr
item
Ichwanul Muslim: Masalah - masalah Haid Wanita
Masalah - masalah Haid Wanita
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEtpZSgfcyLq2SPBouTecYlcianZyMTI0NZiBQKjvaRXPbb2nW_7hWb6jAs9O3jVNVWyErWAXmn2LQQABYcVdxVdr_Og1EXJmwKZPPiLwUFHD8ATrKwAWO4TPlOO1bkYhs0gSB61nET-a-/s320/Masalah+Haidh.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEtpZSgfcyLq2SPBouTecYlcianZyMTI0NZiBQKjvaRXPbb2nW_7hWb6jAs9O3jVNVWyErWAXmn2LQQABYcVdxVdr_Og1EXJmwKZPPiLwUFHD8ATrKwAWO4TPlOO1bkYhs0gSB61nET-a-/s72-c/Masalah+Haidh.jpg
Ichwanul Muslim
https://blog.ichwanulmuslim.com/2012/11/masalah-masalah-haid-wanita.html
https://blog.ichwanulmuslim.com/
https://blog.ichwanulmuslim.com/
https://blog.ichwanulmuslim.com/2012/11/masalah-masalah-haid-wanita.html
true
3900629342483173867
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy